Abstract:
Abstrak. Telah dilaksanakan penelitian tentang penerapan model REACT
untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar peserta didik
pada materi koloid. Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui tindakan yang
tepat untk menangani masaIah dalam kelas. Setelah tindakan yang tepat
diketahui, maka memeriksa kesesuaian tindakan yang disertai dengan
peningkatan keterampilan proses sains dan hasil belajar. Peneliti
menggunakan penelitian tindakan dengan besiklus. Subjek penelitian adalah
peserta didik kelas XI IPA-1 SMA Negeri 10 Banjarmasin dengan jumlah 32
orang. Instrumen penelitian terdiri dari tes dan non tes. Data dianalisis dengan
teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan (1) aktivitas guru
mengalami peningkatan dari kategori aktif menjadi sangat aktif, (2) aktivitas
peserta didik mengalami peningkatan dari cukup aktif menjadi aktif, (3) hasil
observasi keterampilan proses sains dan tes keterampilan proses sains peserta
ddik dengan menggunakan modeI pembeIajaran REACT mengalami
peningkatan dari kategori cukup terampil menjadi terampil, (4) ketuntasan
hasil beIajar peserta didik mengalami peningkatan dari tidak tuntas menjadi
tuntas, (5) respon peserta didik merepon baik terhadap model pembelajaran
REACT pada materi sistem koloid