Abstract:
Abstrak. Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1)
keterampilan proses sains siswa, (2) hasil belajar pada materi hidrolisis
garam, (3) respon siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran drill and
practice berbantuan media question cardpada materi hidrolisis garam. Dengan
menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment), sampel penelitian
ini adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (n=36) dan kelas XI IPA
2 sebagai kelas kontrol (n=36) di SMA Negeri 8 Banjarmasin. Analisis
statistik menggunakan uji-t, sedangkan analisis hasil angket menggunakan
teknik persentase.Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) pembelajaran
menggunakan metode drill and practice berbantuan media question card
dapat melatih keterampilan proses sains pada aspek mengamati, menafsirkan,
mengkomunikasikan, dan menarik kesimpulan, (2) siswa kelas eksperimen
yang menggunakan metode pembelajaran drill and practice berbantuan media
question card 9,44% lebih tinggi dari siswa kelas kontrol yang menggunakan
pembelajaran konvensional pada materi hidrolisis garam di SMA Negeri 8
Banjarmasin, (3) pembelajaran menggunakan metode drill and practice
berbantuan media question card pada materi hidrolisis garam memperoleh
respon positif dari siswa.