Abstract:
Abstrak: Pembelajaran kimia sangat sensitif terhadap perspektif peserta didik. Ketika
peserta didik tidak diarahkan dengan tepat maka akan berpeluang munculnya miskonsepsi.
Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah 1) mendeskripsikan cara
meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik, dan 2)
efektivitas pelatihan yang dilakukan terhadap peningkatan kemampuan guru dalam
mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik. Pelatihan ini diikuti oleh guru SMA yang
tergabung dalam MGMP guru kimia. Teknik pengumpulan data yaitu teknik dokumentasi,
observasi, dan wawancara agar memeproleh informasi yang jelas dari para responden.
Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan
fenomena yang terjadi selama proses kegiatan. Hasil kegiatan PkM diperoleh bahwa cara
untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik
yakni, 1) mengembangkan suatu tes diagnostik berbasis pilihan ganda/essai, 2) melakukan
tes diagnostik kepada peserta didik baik sebelum ataupun sesudah proses pembelajaran,
dan 3) menyajikan materi kimia dengan mengintegrasi fenomena atau kehidupan seharihari. Kemudian, efektivitas pelatihan yang dilakukan terhadap peningkatan kemampuan
guru dalam mengidentifikasi miskonsepsi peserta didik yakni dengan menyajikan konsep
belajar kimia berbasis kimia representasi. Kegiatan ini menjadi salah satu strategi dalam
mereduksi miskonsepsi peserta didik