Abstract:
Masyarakat memiliki unsur-unsur yang saling berkaitan satu sama lain. Unsur-unsur tersebut bekerja
sama untuk membangun tatanan sosial yang stabil dan harmonis. Namun, jika hanya satu elemen yang
tidak berfungsi dengan baik, dapat menyebabkan kekacauan sosial. Pada akhirnya, gangguan ini
menciptakan suatu bentuk masalah sosial. Kondisi tersebut masih dirasakan hingga saat ini yang
ditandai dengan adanya permasalahan sosial yang dapat mengganggu kerukunan masyarakat.
Menyikapi hal tersebut, sekolah dengan segala mata pelajaran di dalamnya dapat mendidik
pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mendukung terciptanya tatanan sosial. Hal ini juga dapat
direspon melalui sub materi pranata sosial dalam mata pelajaran IPS. Artikel ini bertujuan untuk
mengidentifikasi materi pranata sosial dalam mata pelajaran IPS sebagai materi untuk mendidik tatanan
sosial bagi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan studi kepustakaan. Pertama, studi
literatur dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi yang sesuai; kemudian dilakukan diskusi
naratif. Hasil identifikasi dan deskripsi bahwa muatan materi pranata sosial dalam mata pelajaran IPS
meliputi materi tentang pengertian, ciri, fungsi, dan jenis pranata sosial. Materi ini dapat dijadikan
sebagai bahan pendidikan untuk memahami pentingnya tatanan sosial sebagai pranata sosial yang erat
kaitannya dengan pedoman sikap dan perilaku dalam menghadapi permasalahan yang muncul atau
berkembang di masyarakat.
Kata Kunci: Lembaga Sosial, Tatanan Sosial, dan Ilmu Sosial.