Abstract:
Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah melakukan
pelatihan kepada guru-guru terkait pemanfaatan media pembelajaran berbasis game
menggunkan Kahoot!. Aplikasi Kahoot! dapat digunakan sebagai media evaluasi yang
dapat membantu guru dalam proses evaluasi karena selain memanfaatkan teknologi, hal
ini disukai siswa lebih efisien dibandingkan harus menulis lembaran jawaban dalam
kertas evaluasi. Metode pelaksanaan program ini terdiri dari sejumlah tahapan yaitu (1)
melakukan pendataan peserta yang akan mengikuti pelatihan, (2) menyiapkan modul
dan peralatan pelatihan, (3) melakukan pelatihan Pemanfaatan media pembelajaran
berbasis game dengan Kahoot! bagi guru-guru di Amuntai, (4) membuat laporan kegiatan,
(5) melakukan publikasi kegiatan. Pendataan peserta akan dilaksanakan selama 2
minggu dengan cara penyebaran undangan ke instansi mitra, yaitu Madrasah Aliyah
Swasta Al Ukhuwah, Madrasah Ibtidaiyah Integral Al Ukhuwah Amuntai, Madrasah
Aliyah Negeri 1 Hulu Sungai Utara dan Madrasah Aliyah Negeri 2 Hulu Sungai Utara.
Berdasarkan hasil evaluasi, dapat disimpulkan bahwa peserta pelatihan berupaya aktif
memahami konsep dan implementasi penggunaan aplikasi Kahoot! dalam pembelajaran
yang menyenangkan berupa kuis sesuai mata pelajaran yang diampu. Hasil análisis
menunjukkan bahwa guru-guru memberikan respon positif terhadap kegiatan pelatihan
pemanfaatan media pembelajaran berbasis game dengan Kahoot!.
Kata Kunci: media, pembelajaran, kahoot!