Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan efektivitas materi ajar fisika
bermuatan authentic learning pada pokok bahasan gerak melingkar. Jenis Penelitian yang digunakan
adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model ASSURE. Desain uji coba pada penelitian ini
berupa one-group pretest-posttest design. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah 27 orang peserta
didik kelas X program MIPA di salah satu SMA Negeri di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data
diperoleh melalui instrumen tes dan instrument non-tes. Instrumen tes berupa tes hasil belajar
pretest dan posttest peserta didik berbentuk soal essai yang meliputi level C1 hingga C5. Sementara
instrumen non-tes berupa angket respon peserta didik yang ditinjau berdasarkan aspek kemudahan,
aspek manfaat, dan aspek efisiensi. Analisis data dilakukan dengan menghitung rata-rata skor angket
respon peserta didik untuk mengukur kepraktisan dan uji N-gain dari hasil belajar pretest-posttest
untuk mengukur efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar fisika bermuatan
authentic learning pada pokok bahasan gerak melingkar praktis dan efektif untuk digunakan dalam
proses pembelajaran.
Kata kunci: materi ajar, authentic learning, gerak melingkar