Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas
VIII-A SMPN 2 Piani melalui model discovery learning. Penelitian ini merupakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus I terdiri dari dua kali pertemuan, dan siklus II
terdiri dari tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMPN 2
Piani, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Objek
penelitan adalah motivasi belajar dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tekanan zat
dengan menerapkan model discovery learning. Instrumen penelitian terdiri dari lembar
observasi motivasi belajar siswa dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh bahwa motivasi siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, dari
kurang termotivasi menjadi termotivasi. Hasil Belajar siswa kelas VIII-A juga mengalami
kenaikan ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 65% selanjutnya pada siklus II
menjadi 95% (melebihi batas ketuntasan klasikal= 80%). Sehingga model pembelajaran
discovery learning dapat dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan motivasi dan hasil
belajar siswa.