Abstract:
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan dari UMKM di Kalimantan Selatan mengenai strategi bisnis UMKM di era new Normal sehingga mampu bertahan dan bersaing dalam bisnis global. Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan melalui WEBINAR dengan menggunakan aplikasi zoom. Waktu pelaksanaan selama 1 (satu) hari. Peserta yang mendaftar sebanyak 136 peserta yang merupakan pelaku UMKM yang tersebar di Kabupaten/Kota Kalimantan Selatan. Metode yang dilakukan dalam pengabdian kepada masyarakat ini yaitu presentasi (ceramah) dan diskusi serta konsultasi setelah pelatihan. Hasil yang dicapai dari kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah: (a). meningkatkan pengetahuan dan wawasan dari khalayak sasaran mengenai strategi bisnis UMKM di era new Normal sehingga mampu bertahan dan bersaing dalam bisnis global dan (b) Pengetahuan Pelaku UMKM terhadap pemasaran online meningkat