Abstract:
Abstrak: Masih banyak guru yang belum memahami tentang pembuatan e-modul. Selain
itu juga belum banyak yang mengetahui mengenai aplikasi yang dapat digunakan dalam
pembuatan e-modul. Hal ini melatarbelakangi dilakukan pelatihan pembuatan e-modul
menggunakan eXe-learning di lingkungan lahan basah. Kegiatan pelatihan ini bertujuan
untuk meningkatkan pemahaman para guru dalam membuat e-modul menggunakan eXelearning di lingkungan lahan basah. Selain itu juga untuk mengetahui respon guru dalam
mengikuti pelatihan. Peserta pelatihan ini ialah 23 orang guru kelompok Musyawarah
Guru Mata Pelajaran (MGMP) Kimia di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Kegiatan
pelatihan dilaksanakan melalui metode ceramah, diskusi dan praktik secara langsung
dalam membuat e-modul dengan menggunakan eXe-learning. Berdasarkan hasil pelatihan
diperoleh bahwa terjadi peningkatan pemahaman guru tentang pembuatan e-modul
menggunakan eXe-learnig dan respon guru terhadap kegiatan pelatihan minimal memiiki
kategori baik. Pelatihan ini dapat meningkatkan pemahaman guru tentang pembuatan emodul menggunakan eXe-learning. Produk e-modul yang dihasilkan dapat digunakan
dalam membantu proses pembelajaran.
Kata Kunci: E-Modul; eXe-Learning; Lahan Basah
Abstract: There are still many teachers who do not understand about making e-modules.
In addition, not many people know about applications that can be used in making emodules. So that training on making e-modules using eXe-learning is carried out in a
wetland environment. This training activity aims to improve teachers' understanding of
making e-modules using eXe-learning in a wetland environment. In addition, to find out
the teacher's response in participating in the training. The training participants were 23
teachers of the Chemistry Subject Teacher Consultation Group (MGMP) in Hulu Sungai
Utara (HSU) District. Training activities are carried out through lectures, discussions
and direct practice in e-modules using eXe-learning. Based on the training results, it was
found that there was an increase in teachers' understanding of making e-modules using
eXe-learning, and the teacher's response to training activities had at least a good
category. This training can improve teachers' understanding of making e-modules using
eXe-learning. The resulting e-module product can be used to assist the learning process.
Keyword: E-Modul; eXe-learning; Wetland