Abstract:
Permasalahan pendidikan di SD Islam Rahmatillah Banjarmasin pada muatan
PKn disebabkan oleh strategi pembelajaran bersifat abstrak, teacher center,
tidak bervariasi serta belum melibatkan kemampuan berfikir kritis. Akibatnya
aktivitas, hasil belajar, keterampilan dan kemampuan siswa tidak berkembang
secara optimal. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perbaikan mutu
aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas
IV setelah menerapkan model BAHIMAT (Problem Based Learning, Snowball
Throwing, dan Make A Match) di SD Islam Rahmatillah Banjarmasin.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis PTK (Penelitian
Tindakan Kelas) dilakukan selama 4 kali pertemuan. Data penelitian ini
merupakan data kualitatif yang didapatkan dari observasi aktivitas guru dan
siswa. Sementara, data kuantitatif didapatkan dari tes evaluasi. Analisis data
penelitian menggunakan deskriptive analysis dan cross tabulation analysis
yang dijabarkan dalam grafik, tabel dan interpretasi dengan persentase. Hasil
Penelitian memperlihatkan bahwa kualitas aktivitas guru pertemuan I hingga
IV meningkat dari 77,5% mencapai 97,5%. Aktivitas siswa pertemuan I sampai
IV dari 31% menjadi 92%. Hasil belajar aspek kognitif dari 31% mencapai 92%.
Hasil belajar aspek afektif dari 31% mencapai 100%, dan hasil belajar aspek
psikomotorik dari 23% mencapai 92%. Disimpulkan bahwa model BAHIMAT
mampu meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belaja secara
signifikan.
Kata kunci:
Aktivitas
Hasil Belajar
Pkn
Model Bahimat