Abstract:
Meningkatnya jumlah kendaraan bermotor setiap tahun berdampak terhadap peningkatan gas buang, salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk mereduksi emisi gas buang kendaraan yaitu dengan penambahan filter gas buang pada saluran gas buang kendaraan. Filter gas buang merupakan sebuah filter (penyaring) yang menggunakan keramik berpori, dimana media tersebut diharapkan dapat membantu atau mempercepat terjadinya proses penyaringan sehingga gas seperti CO dan HC dapat tersaring.Penelitian ini menggunakan tiga komposisi dari campuran fly ash dan kaolin. Dari hasil penelitian diketahui bahwa filter gas buang berbahan fly ash batubara dan kaolin memiliki kemampuan dalam mengurangi emisi gas buang HC dan CO serta dalam mengurangi tingkat kebisingan. Dibandingkan dengan knalpot tanpa filter gas buang, persentase tertinggi filter gas buang komposisi A dalam mengurangi emisi HC sebesar 87,89 % pada rpm idle, sedangkan untuk CO sebesar 78,21 % pada rpm idle. Persentase tertinggi filter gas buang komposisi B dalam mengurangi emisi HC sebesar 85,29 % pada rpm idle , sedangkan untuk CO sebesar 72,13 % pada rpm idle. Persentase tertinggi filter gas buang komposisi C dalam mengurangi emisi HC sebesar 76,11 % pada rpm idle , sedangkan untuk CO sebesar 66,57 % pada rpm idle.