Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Ilmu Komputer dalam membuat soal mata pelajaran Pemrograman Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa calon guru Pendidikan Ilmu Komputer. Objek penelitian ini yaitu soal Pemrograman Dasar yang dibuat oleh mahasiswa. Analisis data berdasarkan koefisien reliabilitas dan validitas tes. Data yang telah didapatkan dianalisis persentasenya sesuai dengan jumlah soal yang dapat digunakan. diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Ilmu Komputer dalam membuat soal pilihan ganda pada mata pelajaran Pemrograman Dasar masih rendah (25%). Kemampuan mahasiswa calon guru dalam membuat soal pilihan ganda dengan kategori mudah adalah sangat rendah (17.3%), membuat soal sedang masih rendah (35.24%), dan membuat soal sukar masih sangat rendah (4.6%). Selanjutnya, kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Ilmu Komputer dalam membuat soal esai pada mata pelajaran Pemrograman Dasar sudah cukup baik (42.85%). Kemampuan mahasiswa calon guru dalam membuat soal esai dengan kategori mudah adalah sangat rendah (7.14%), membuat soal sedang sudah cukup baik (46.43%), dan membuat soal sukar masih sangat rendah (17.86%). Jika dilihat dari persentase soal pilihan ganda dan esai yang dapat digunakan, maka kemampuan mahasiswa calon guru Pendidikan Ilmu Komputer dalam membuat soal esai lebih tinggi daripada membuat soal pilihan ganda.