Abstract:
Wabah Covid19 yang melanda dunia menyebabkan pembalajaran harus dilaksanakan secara daring, termasuk di
Banjarmasin. Dalam pembelajaran daring, siswa dituntut untuk lebih mandiri dalam belajar. Untuk itu diperlukan media
pembelajaran yang dapat membantu siswa dalam belajar secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan
multimedia interaktif materi bentuk aljabar kelas VII berkonteks lahan basah menggunakan metode Drill and Practice.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, menggunakan model pengembangan ADDIE. Teknologi yang digunakan
adalah teknologi web yang memuat HTML, CSS, Javascript, Scratch, Mathjax, JSON, dan Firebase. Karena kondisi Covid19
penelitian hanya melakukan uji pada kelompok kecil siswa kelas VII SMPN 9 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan angket. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian diperoleh multimedia
interaktif yang valid pada materi bentuk aljabar kelas VII berkonteks lahan basah menggunakan metode Drill and Practixe.
Hasil belajar siswa setelah menggunakan multimedia interaktif berada di atas nilai KKM yang ditetapkan sekolah. Guru dan
siswa menunjukkan respon yang positif terhadap penggunaan multimedia ini. Dengan demikian multimedia interaktif bentuk
aljabar kelas VII berkonteks lahan basah menggunakan metode Drill and Practise, dapat digunakan guru sebagai alternative
media pembelajaran matematika di SMP yang dapat membantu siswa untuk lebih mandiri dalam belajar.