Abstract:
Salah satu tujuan dari pembelajaran matematika yaitu memiliki kemam-
puan memecahkan masalah suatu masalah. Salah satu pelajaran yang dipercaya
dapat mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa adalah geometri karena
banyak membahas tentang benda-benda, definisi, simbol dan gambar yang dapat
dijadikan ide atau gagasan oleh siswa. Penelitian yang dilakukan guna untuk menge-
tahui bagaimana kemampuan siswa dalam memecahkan masalah dalam matema-
tika pada siswa SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara dan mendapatkan
gambaran tentang kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini memakai
metode deskriptif. Populasi penelitiannya yaitu seluruh SMP Negeri di Kecamatan
Banjarmasin Utara, sedangkan sampel penelitiannya adalah SMP Negeri 27 Banjar-
masin dan SMP Negeri 32 Banjarmasin yang dipilih menggunakan teknik sampel
acak bertujuan, yakni dengan memilih sekolah yang memiliki kurikulum KTSP dan
KKM matematika sama yaitu 75. Pengumpulan data dilakukan dengan mengguna-
kan tes, yakni berupa soal uraian dan dianalisis. Hasil dari penelitian memperlihatkan
(1) kemampuan pemecahan masalah geometri siswa SMP Negeri di Kecamatan
Banjarmasin Utara tahun pelajaran 2016/2017 berada pada kualifikasi baik (2) rata-
rata nilai akhir dari seluruh siswa berada di atas nilai KKM yang ditentukan sekolah
(3) dari hasil uji beda satu arah dengan tingkat kepercayaan 95% diperoleh
kesimpulan tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemecahan masalah
geometri siswa SMP Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara.