Abstract:
Untuk tujuan penelitian ini ialah agar mendapatkan penilaian penjaskesrek pada aspek kognitif yang baik. Penelitian dilakukan dengan SMA yang kerjasama dengan ULM Banjarbaru dengan metode yang dipakai penelitian survei dengan cara pengumpulan datanya berupa dokumen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kemudian dokumen tersebut dianalisis lagi dengan instrumen lembar observasi yang telah dibuat peneliti berdasarkan persetujuan Ahli.
Berdasarkan dari 2 (dua) sampel Sekolah Menengah Atas di Kota Banjarbaru yang bermitra dengan Universitas Lambung Mangkurat maka peneliti menyimpulkan bahwa pada Aspek Kognitif sampel pertama perangkat pembelajaran, pendidik menyatakan tidak membuat perangkat pembelajaran melainkan hanya mengambil melalui website random, dan website tersebut tidak dapat diakses. Maka dari itu perangkat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik dapat diasumsikan tidak ada. Sedangkan pada sampel kedua peneliti menyimpulkan bahwa pada Aspek Kognitif hanya memuat level C1 (Mengingat) dan C6 (Mencipta) yang artinya level penilaian Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pengalami penurunan yang seharusnya memuat level C4 (Menganalisis) dan C5 (Mengevaluasi). Secara keseluruhan, hasil dari penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan Dokumen Instrumen Level penilaian yang dibuat oleh Pendidik Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Kota Banjarbaru belum sesuai dengan level penilaian.