Abstract:
Pantai Asmara, Desa Muara Asam-asam Kabupaten Tanah Laut mulai dikembangkan
sebagai obyek wisata alam sejak tahun 2016 oleh Pokdarwis Pantai Asmara. Pantai
Asmara dengan segala keindahannya terus dibenahi dan dilengkapi segala fasilitasnya
untuk lebih meningkatkan minat wsiatawan untuk berkunjung. Namun, pengembangan
wisata Pantai Asmara masih memiliki keterbatasan pada aspek promosi, dimana
kegiatan promosi belum terkelola dengan baik intensitas promosi yang masih sedikit.
Oleh sebab itu, informasi yang diperoleh wisatawan cukup terbatas dan cenderung
parsial. Tujuan PKM ini adalah (1) memberikan penyuluhan tentang jenis materi
(konten) promosi, tata letak, dan akun media sosial; (2) memberikan pelatihan teknis
penyusunan konten promosi berbasis media sosial. Metode kegiatan PKM yang
diterapkan adalah (1) penyuluhan dan diskusi; (2) pelatihan dan pendampingan; dan (3)
evaluasi kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa penyuluhan telah memberikan
perubahan sikap dan pengetahuan khalayak sasaran (kelompok mitra) terhadap
pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi wisata Pantai Asmara dari kurang
menjadi cukup banyak mengetahui. Proses adopsi dan difusi iptek promosi produk jasa
wisata oleh anggota kelompok mitra ke anggota masyarakat lainnya sudah tergolong
cukup (bernilai 60 – 80 dengan rata-rata 68). Pokdarwis Pantai Asmara telah mampu
mempersiapkan dan menyusun konten akun promosi produk jasa dalam format
sederhana sesuai pengetahuan dan kemampuan kelompok.