Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas
eksploratif yang masih belum berkembang. Penelitian ini tujuannya ialah untuk
meningkatkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan kognitif anak dalam
menunjukkan aktivitas eksploratif menggunakan kombinasi model Picture and Picture,
metode Eksperimen dengan media Loose Parts. Pendekatan penelitian yang diterapkan ialah
pendekatan kualitatif dengan jenis penelitiannya penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilakukan dalam 3 pertemuan bertempat di TK Kemala Bhayangkari 14 Marabahan pada
kelompok B2 dengan jumlah 6 orang anak. Hasil penelitian ditemukan bahwa aktivitas guru
meningkat dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas anak secara klasikal meningkat dengan
kriteria sangat aktif. Hasil perkembangan kognitif anak secara klasikal berhasil berkembang
dengan mencapai kriteria Berkembang Sesuai Harapan dan Berkembang Sangat Baik. Hasil
penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan masukan memilih model pembelajaran untuk
mengembangkan aspek perkembangan kognitif anak dalam menunjukkan aktivitas
eksploratif.