Abstract:
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk perencanaan
pembelajaran bermuatan budaya lokal tepian sungai pada pendidikan anak usia dini dengan
menggunakan prosedur research and development yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu:
analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, uji ahli, revisi, dan uji lapangan.
Berdasarkan hasil pengembangan produk telah memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan dan
keefektifan. Hasil uji kevalidan sebesar 3,49 dengan kategori valid, uji kepraktisan sebesar 3,8
dengan kategori sedang, sedangkan uji keefektifan sebesar 97%. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran bermuatan budaya lokal tepian sungai dapat
digunakan dalam kegiatan pembelajaran di PAUD. Unsur kebaruan dalam penelitian ini yaitu
perencanaan pembelajaran bermuatan budaya lokal tepian sungai yang sesuai dengan
karakteristik pendidikan anak usia dini sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik,
bermakna serta menyenangkan.