Abstract:
Mendeskripsikan persepsi siswa, orang tua, dan guru terhadap penggunaan E-learning dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII-A di MTsN 2 Banjarmasin merupakan tujuan penelitian ini.
Jenis penelitian yang berupa deskriptif-kuantitatif dengan sumber data penelitian ialah 27 siswa, 1 guru
Bahasa Indonesia, dan 27 orang tua siswa. Instrumen penelitian ialah angket. Teknik pengumpulan data
melalui angket. Teknik analisis ialah dengan tahapan menyaring data, menyajikan data, dan
menyimpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa terhadap
penggunaan E-learning memeroleh skor rerata 119,4 dengan kategori sangat baik. Hasil ini sejalan
dengan persepsi orang tua dengan skor rerata 115,72 dengan kategori sangat baik. Persepsi guru juga
memiliki kategori baik karena memeroleh nilai rerata 4,25. Berdasarkan hasil persepsi siswa, guru, dan
orang tua, dapat disimpulkan bahwa penggunaan E-learning memiliki persepsi yang sangat baik dan
baik. Selain itu, siswa mengharapkan ada saran lain yang dapat digunakan dalam E-learning.