Abstract:
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang telah ada belum memuat indikator keterampilan proses sains
sehingga peserta didik tidak terlatih keterampilan proses sains. Penelitian dan pengembangan ini
bertujuan menghasilkan LKPD berbasis Hands on Activity untuk melatihkan keterampilan proses sains
peserta didik yang layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model
pengembangan ADDIE dengan subjek penelitian berupa LKPD berbasis Hands on Activity yang diuji
coba pada 36 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar
validitas, lembar angket respon peserta didik, dan lembar pengamatan keterampilan proses sains
(KPS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) validitas LKPD bernilai 3,11 dan berkategori valid; (2)
kepraktisan LKPD diperoleh sebesar 77,9% dan berkategori praktis;dan (3) ketercapaian keterampilan
proses sains diperoleh skor rata-rata sebesar 73,6 dan berkategori baik. Diperoleh simpulan bahwa
LKPD yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan proses sains.