Abstract:
Persaingan yang semakin kompetitif dalam dunia bisnis mengharuskan
perusahaan mencermati dan memahami perilaku konsumen. Konsumen
bersifat heterogen dan memiliki persepsi yang berbeda-beda terhadap sebuah
produk. Perbedaan tersebut memengaruhi mereka dalam keputusan
pembelian produk. Perusahaan perlu memahami perilaku konsumen sebagai
dasar dalam menyusun strategi pemasaran dan membangun permintaan yang
efektif terhadap sebuah produk. Strategi pemasaran adalah tindakan yang
mengarah pada kegiatan atau usaha pemasaran dari perusahaan dalam
lingkungan yang bersifat dinamis. Perilaku konsumen tidak hanya penting bagi para pelaku usaha tetapi
juga pemegang otoritas dalam memberikan pendidikan dan perlindungan
terhadap konsumen. Konsumen perlu dididik agar mengetahui dan
memahami mana produk-produk yang baik untuk dibeli dan produkproduk sebaiknya dihindari untuk dibeli (Damiati et. al., 2017).
Konsumen juga perlu diberikan perlindungan, namun apabila konsumen
tidak diberikan perlindungan akan berdampak pada beredarnya produkproduk berbahaya bagi konsumen. Implikasinya adalah pemerintah juga
akan menghadapi dampak sosial dan cara mengatasinya tidak mudah.
Bab ini akan membahas definisi perilaku konsumen, pentingnya
mempelajari perilaku konsumen, hubungan strategi pemasaran dan
perilaku konsumen, dan model perilaku konsumen.