Abstract:
Model pembelajaran yang termuat dalam kurikulum 2013 salah satunya adalah model pembelajaran berbasis Pembelajaran
IPS bukan merupakan mata pelajaran yang hanya mengutamakan hafalan. Namun, Mata Pelajaran IPS bertujuan untuk
memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang fakta serta materi yang harus diingat dan diimplementasikan untuk
menumbuhkan rasa sadar akan tanggung jawab dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Untuk mencapai tujuan
pembelajaran IPS tersebut diperlukan seperangkat rencana yang dijadikan sebagai elemen penting pedoman pelaksanaan
pembelajaran. Oleh karena itu, memperhatikan elemen kurikulum pada setiap pada pelajaran merupakan kewajiban para
pelaksana pembelajaran di Sekolah. Penelitian melalui studi literatur ini bertujuan untuk mengidentifikasi elemen
kurikulum mata pelajaran IPS di tingkat Sekolah dasar, dengan tujuan artikel ini dapat menjadi sumber referensi elemen
pokok kurikulum Mata Pelajaran IPS untuk tingkatan sekolah dasar. Studi pustaka dilakukan untuk mengumpulkan data
dan informasi yang sesuai, kemudian dilakukan diskusi secara naratif. Hasil diskusi memastikan bahwa kurikulum IPS di
tingkat sekolah dasar mencakup empat komponen yaitu tujuan, materi, strategi pembelajaran dan evaluasi. Keberhasilan
pelaksanaan pembelajaran IPS di sekolah dasar harus memperhatikan berbagai komponen tersebut yang dijabarkan pada
aspek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran IPS. Hal ini dimaksudkan agar pembelajaran IPS di tingkat
sekolah dasar mampu menciptakan warga negara yang baik, mampu berfikir kritis dan memecahkan masalah.
Kata Kunci: Kunci; Kurikulum, IPS, Sekolah Dasar.