Abstract:
Telah dilakukan penelitian tentang silika gel terimpregnasi 1,8 dihidroksi antrakuinon untuk
adsorpsi logam Zn(II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan massa
senyawa 1,8-dihidroksi antrakuinon (dantron) dan silika gel melalui kapasitas adsorpsi dalam
mengjerap logam ZnII) serta kemampuan Recovery Ion Logam Zn(II) yang Terikat pada adsorben.
Pada penelitian ini silika gel dibuat dengan menggunakan larutan natrium silikat (Na2SiO3) hasil
peleburan dengan NaOH dan limbah sekam padi daerah Gambut sebagai sumber silica dan sebagai
silica gel (SG). Selanjutnya silika gel terimpregnasi (SGT) tersebut diimpregnasi dengan senyawa
1,8 dihidroksi antrakuinon dan dikarakterisasi FTIR sebelum dan sesudah dikontakkan dengan
larutan logam. Larutan logam Zn(II) dikontakkan dengan SG dan SGT. Berdasarkan hasil
penelitian, diperoleh, silika gel dan silika gel terimpregnasi hasil sintesis dari abu sekam padi dapat
mengadsorpsi logam Zn(II). Silika gel terimpregnasi hasil sintesis dari abu sekam padi daerah
Gambut dengan senyawa organik 1,8 dihidroksi antrakuinon kapasitas yang paling optimum
mengjerap logam Zn(II) pada SGT-1 yaitu sebesar 111111,111 L/mol. Silika gel dan Silika gel
terimpregnasi dapat di recovery dengan menggunakan HCl 0,1 M. Silika gel lebih bisa di recovery
87,34% dan silika gel terimpregnasi 41,81%. Kemampuan silika gel terimpregnasi lebih sedikit
dibandingkan dengan silika gel, di silika gel terimpregnasi mempunyai ikatan yang lebih kuat
dibandingkan dengan silika gel
Description:
Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-60 Jurusan Pendidikan Kimia mengadakan
Seminar Nasional Kimia 2016 dengan tema “ Sinergi Pendidikan dan Penelitian Kimia untuk
Mendukung Pembentukan Karakter Mandiri dan Berprestasi di Era Global”. Seminar Nasional
Kimia ini merupakan agenda tahunan Jurusan Pendidikan Kimia dan sekaligus sebagai upaya
untuk peningkatan atmosfir akademik di jurusan Pendidikan Kimia dan di FMIPA pada
umumnya.
Para hadirin yang berbahagia, melalui pendidikan yang baik akan terbentuk karakter yang
baik pula. Sedangkan penelitian kimia akan mendukung perkembangan dan kemajuan teknologi
di era global ini. Dengan demikian sinergi antara pendidikan dan penelitian kimia akan
membentuk peneliti-peneliti dan pendidik yang berkarakter, mandiri dan berprestasi di era
global. Ini seiering dengan visi UNY yakni pada tahun 2025 UNY menjadi universitas
kependidikan kelas dunia berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan