Abstract:
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendekripsikan program sekolah yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin. Dua tujuan dalam penelitian ini yaitu upaya pelibatan orangtua dalam pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin, dan bentuk kerjasama sekolah dan orangtua dalam proses pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelakasanaan program Pelaksanaan dalam upaya pelibatan orangtua dalam pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin yaitu menjalin kerjasama dengan orangtua siswa dengan menciptakan iklim sekolah yang nyaman, merencanakan keterlibatan orangtua dan menyiapkan lembar penghubung sebagai langkah mudah untuk melakukan kontak dengan orangtua. Proaktif melakukan pendekatan ke orangtua, dengan melihat kekuatan dari sebuah keluarga, dan merencanakan keterlibatan orangtua dalam setiap kegiatannya.
Bentuk kerjasama sekolah dan orangtua dalam proses pendidikan anak di Sekolah Dasar Tahfidz Plus Khoiru Ummah Banjarmasin yaitu parenting, komunikasi, baik komunikasi formal dan informal, serta komunikasi langsung dan tidak langsung, keterlibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah