Abstract:
Manakala pendidikan dianggap sebagai jalan sukses untuk merubah kehidupan ke arah yang lebih baik. Sesungguhnya keyakinan itu bukan sebuah garansi, tetapi suatu tantangan bagi seorang sarjana karena ia harus membuktikan kemampuan keilmuannya yang telah diraih di bangku perguruan tinggi dengan kesuksesan meraih pekerjaan. Penelitian ini akan melihat kemampuan sarjana lulusan Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat.
Asumsinya adalah tidak semua sarjana pendidikan mampu bekerja secara linier yakni menjadi guru. Di antara mereka, bahkan kebanyakannya bekerja di luar bidang keilmuan dalam hal ini non-kependidikan. Guna menggali hal tersebut, penelitian ini akan menggunakan wawancara mendalam dan metode focus group discussion (FGD). Dengan demikian diharapkan mampu memberikan gambaran kemampuan mereka untuk bekerja lintas bidang.