Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui strategi yang dilakukan pada toko Extreme Callular 1 (2) Mengetahui faktor pendorong dalam pemilihan strategi. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive dan. Ada beberapa informan yaitu Bapak Umar (pimpinan toko) dan 6 orang yang bekerja pada toko Extreme Callular 1. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Ada 6 (enam) strategi toko yang dilakukan yaitu produk yang dijual bermacam-macam, harga produk yang murah, berbagai macam promosi yang dibuat, lokasi toko yang strategis, kualitas produk yang terjamin, dan pelayanan yang baik. (2) Faktor pendorong dalam pemilihan strategi yaitu strategi produk yang meliputi permintaan para pelanggan dan agar para pelanggan hanya membeli di toko Extreme Callular serta selalu memperbarui produk dengan yang lebih terbaru, strategi harga yang meliputi agar sering dikunjungi pelanggan dan dapat bersaing dengan toko lainnya, strategi promosi meliputi untuk menarik minat pelanggan dan menghabiskan stok yang masih banyak atau kurang diminati, strategi lokasi yang meliputi agar pelanggan lebih mudah mendatangi toko, strategi kualitas produk yang meliputi agar mendapat kepercayaan pelanggan dan pelanggan merasa terjamin dengan memberikan garansi, dan strategi pelyanan yang meliputi agar pelanggan merasa puas dan keinginan untuk mempertahankan pelanggan.