Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk membahas tentang peluang dan tantangan dari
aspek keuangan syariah dan pemasaran digital sebagai daya pendorong
perkembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Penelitian ini
menggunakan pendekatan eksploratif deskriptif dan dikembangkan dengan
menggunakan pendekatan kajian literatur atau studi pustaka. Pendekatan teori
atau konsep dilakukan dengan merujuk dari beberapa sumber, seperti buku,
jurnal ilmiah, dan internet. Semua uraian gagasan yang ada digabungkan dalam
satu susunan kerangka pemikiran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
Perkembangan teknologi digital dan keuangan syari’ah yang meningkat dengan
cepat, selain menjadi tantangan bagi dunia usaha juga menjadi peluang dan
potensi yang sangat besar bagi peningkatan ekonomi dan bisnis. Pelaku usaha
harus bisa mengikuti tren perubahan dengan memanfaatkan teknologi informasi
untuk mendorong kegiatan bisnis sekaligus meningkatkan daya saing. Pelaku
usaha harus bisa menciptakan perubahan dan inovasi baru di dalam perusahaan
yang mampu menciptakan peluang dan pasar baru dengan memanfaatkan
teknologi informasi dan perkembangan konvergensi digital di tengah masyarakat.
Sisi lain, UMKM dapat didorong dengan beberapa kebijakan baik dari pemerintah
ataupun usaha dari pelaku UMKM sendiri dengan memanfaatkan struktur
masyarakat tradisional dan Lembaga Keuangan Mikro Syari’ah (BMT), desain
dan inovasi produk, memperkuat SDM, Kebijakan terhadap Produk UMKM,
Pameran dan Memaksimalkan Peran Wanita serta memaksimalkan Implementasi
kebijakan UMKM.