Abstract:
Salah satu sikap dasar yang harus dimiliki seseorang anak untuk menjadi manusia yang
baik dan benar adalah memiliki sikap moral dan sosial yang baik dalam berperilaku.
Walaupun peran orang tua sangat besar dalam membangun dasar nilai moral dan sosial
bagi anak-anaknya, tetapi peran guru PAUD tidak kecil dalam meletakkan dasar moral
dan sosial bagi seorang anak, karena biasanya anak usia dini cenderung menuruti perintah
gurunya. Oleh karena itu seorang guru PAUD harus selalu berupaya dengan berbagai cara
agar dapat membimbing anak usia dini agar mempunyai kepribadian yang baik, yang
dilandasi dengan nilai moral dan sosial. Dengan diberikannya landasan nilai moral dan
sosial kepada anak Kelompok TK B Penerus Bangsa PGRI, maka seorang anak dapat
membedakan perilaku baik dan buruk, benar dan salah, serta terbiasa menjalankan ajaran
sesuai nilai-nilai karakter yang ditanamkan dengan tingkat pertumbuhan dan
perkembangannya. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis implementasi pembelajaran
nilai moral dan sosial di pendidikan anak usia dini. Metode yang dipakai yakn kuantitatif
diolah secara statistik sedangkan data kualitatif dianalisis dengan model interaktif. Hasil
dari implementasi pembelajaran nilai moral dan sosial di pendidikan anak usia dini dapat
menunjukkan bahwa aktivitas pembelajaran anak baik secara individual maupun klasikal
memperoleh sangat aktif. Dengan demikian, hasil yang didapat dalam implementasi
pembelajaran nilai moral dan sosial sangat segnifikan, efektif dan menyenangkan.