Abstract:
Hal penting yang ingin ditingkatkan berkenaan pembelajaran yaitu
methods dan insight. Metode meliputi pengetahuan profesionalisme guru yang
akan terlihat dalam rancangan pembelajaran dan penerapannya. Insight
merupakan hal-hal yang tidak nampak dalam rancangan pembelajaran,
unpredictable, terjadi spontan dalam pembelajaran, dan guru harus mengambil
keputusan (decision). Tujuan penelitian ini adalah peningkatan pengelolaan
pembelajaran secara reflektif, dengan cara menganalisis pembelajaran
berdasarkan salinan percakapan selama proses pembelajaran. Oleh karena itu
dilakukan penelitian ‗Penerapan Transcript Based Lesson Analysis (TBLA)
Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Kimia Di SMA Negeri 7
Banjarmasin‘. TBLA merupakan salah satu cara dalam Lesson Analysis yang
merupakan bagian dari Lesson Study. Adapun langkah-langkah penelitian ini
yaitu: (1) Merencanakan research lesson, (2) Implementasi pembelajaran,
meliputi: observasi, refleksi, transkripsi (instant transcript), (3) Analisis
pembelajaran melalui full transcript yang diperoleh melalui rekaman audio
dan video. Penelitian dilaksanakan di kelas 12 MIPA-2 SMAN 7 Banjarmasin
secara bersiklus. Berdasarkan hasil TBLA siklus 1 dan 2 terlihat
kecenderungan transkrip percakapan secara klasikal masih didominasi oleh
guru. Adapun dampak positif penerapan Lesson study antara lain: membantu
guru mengkritisi pembelajarannya berdasarkan hasil reflektif, membantu guru
dalam memantau aktivitas peserta didik secara lebih detail, karena bantuan
observer dan meningkatkan kolaborasi guru dalam team teaching.
Kata kunci: lesson study, TBLA, pembelajaran kimia