Abstract:
Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa bimbingan teknis yang dilakukan bertujuan
untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada para guru mengenai penyusunan
instrumen penilaian autentik K13, terutama dalam penilaian berbasis HOTS (high order
thinking skill). Bimbingan teknis ini dilakukan di SD Negeri Pasar Lama 3 Banjarmasin
melalui kegiatan pemaparan oleh para narasumber, tanya jawab, diskusi antar anggota
kelompok, dan pemberian soal baik itu pretest maupun posttest. Metode pendekatan yang
digunakan adalah metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan praktek langsung. Dengan
harapan capaian luaran yakni instrumen pembuatan soal HOTs sesuai kurikulum 2013 dan
artikel yang dipublikasi dalam jurnal PPM. Hasil yang diperoleh dari kegiatan bimbingan
teknis adalah tingginya antusian, tingkat keaktifan dan kerjasama antaranggota kelompok.
Selain itu, hasil pretest dan posttest menunjukkan terdapat peningkatan pemahaman guru
mengenai soal yang bersifat high order thinking skill (HOTs) dengan adanya kenaikan dari
rerata pretest sebesar 60,5 menjadi 82 dalam posttest. Terdapat peningkatan keterampilan
guru dalam menyusul soal HOTs. Simpulan dari hasil kegiatan ini menunjukkan
keberhasilan akan kegiatan bimbingan teknis, dan perlu adanya kegiatan serupa untuk
meningkatkan pemahaman dan keterampilan para guru khususnya dalam penyusunan
instrumen penilaian berbasis HOTs (high order thinking skill.).
Kata Kunci: Bimbingan teknis, Instrumen Berbasis HOTs, Kompetensi paedagogik.