Abstract:
Sebagai penyelenggara e-Procurement atau biasa disebut pengadaan secara elektronik
maka LPSE Kabupaten Murung Raya harus memberikan pelayanan prima terhadap
pengguna layanan pengadaan secara elektronik, sebuah kehormatan sekaligus amanat dan tugas berat yang harus dipikul dengan sungguh-sungguh dan hati penuh keikhlasan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan pengadaan secara elektronik di
Kabupaten Murung Raya dan untuk mengetahui aspek-aspek yang mendorong dan
menghambat kualitas pelayanan pengadaan secara elektronik di Kabupaten Murung Raya. Fokus penelitian ini adalah Sekretariat Daerah Kabupaten Murung Raya Bagian
Administrasi Pembangunan yang menjadi ketua pelaksana layanan pengadaan secara
elektronik (LPSE) dan penyedia barang dan jasa di Kabupaten Murung Raya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif yang bersifat eksploratif. Subyek
dalam penelitian ini terdiri dari 2 (Dua) bagian informan utama.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pengadaan secara elektronik di Kabupaten Murung Raya dapat dikategorikan belum optimal. Walau terdapat beberapa
dimensi kualitas pelayanan yang dinilai sudah optimal. Faktor yang menghambat kualitas
pelayanan yang belum optimal perlu adanya perbaikan dan pengoptimalan diberbagai
dimensi pelayanan agar kualitas pelayanan tersebut semakin meningkat.