Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman pemasaran CPO di PT. Gawi Makmur Kalimantan Banjarmasin. Perumusan strategi pemasaran CPO yang tepat untuk diterapkan. Strategi yang menjadi prioritas untuk diimplementasikan pemasaran CPO. Metode dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi tiga tahapan, yaitu: Tahapan masukan (input stage) yang terdiri Matriks IFE (Internal Factor Evaluation) dan Matriks EFE (External Factor Evaluation). Tahap pencocokan (matching stage) yang menggabungkan faktor eksternal dan internal perusahaan, yaitu terdiri dari Matriks SWOT serta Matriks IE (Internal, External). Tahapan penentuan prioritas strategi menggunakan metode QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Sampel hanya ada satu perusahaan besar karena perusahaan ini yang mempunyai Izin Usaha Perkebunan (IUP), penentuan sampel dilakukan secara purposive. Hasil penelitian ini berupa informasi dalam bentuk modul yang akan dipakai untuk mendapatkan aktivitas bisnis pembelian dan penjualan minyak kelapa sawit CPO PT. Gawi Makmur Kalimantan Banjarmasin.