Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mendeskripsikan kontribusi pemerintah daerah dalam implementasi pendidikan inklusi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang menggambarkan fenomena-fenomena yang ada, yang berlangsung saat ini atau masa lampau, penelitian dilakukan di Kalimantan Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara mendalam. Data dianalisis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerintah daerah aktif berkontribusi dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif di Kalimantan Selatan melalui beberapa kebijakan. Beberapa kebijakan pemerintah daerah Kalimantan selatan yang sangat menonjol diantaranya pembentukan forum komunikasi pendidikan inklusi se-Kalimantan Selatan,
penyiapan SDM, penguatan kompetensi guru pendidikan khusus melalui Bimtek, dan penyediaan sarana penunjang pembelajaran, serta studi tiru.