Abstract:
penulisan karya tulis ilmiah (PTK) merupakan proses pengkajian masalah pembelajaran yang ada di dalam kelas melalui refleksi diri di dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut yaitu dengan cara melakukan berbagai tindakan yang direncanakan atau terencana di dalam situasi nyata serta dengan menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Jadi, penulisan karya tulis ilmiah (PTK) yang dilakukan oleh guru ditujukan untuk mengubah perilaku guru itu sendiri, perilaku anak proses pembelajaran yang akan menghasilkan perubahan pada guru dan anak atau dengan kata lain penelitian tindakan kelas dilakukan untuk meningkatkan praktik pembelajaran yang ada di dalam kelas misalnya tentang penelitian tindakan kelas melalui metode pembelajaran yaitu dengan mengganti metode pembelajaran yang mengaktifkan anak, bersifat inovatif dan kreatif, membangkitkan kreativitas anak serta menimbulkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Kemudian strategi pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang bersifat integratif bukan hanya dengan satu gaya mengajar saja, akan tetapi dengan meningkatkan metode yang bersifat konkret. Oleh karena itu diperlukan kegiatan pelatihan penulisan karya ilmiah (PTK) bsgi guru-guru, agar guru bertanggung jawab dan berperan aktif untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya sendiri melalui penelitian tindakan kelas dalam proses pembelajaran yang dikelolanya. Berdasarkan kegiatan pelatihan yang sudah dilakukan, peserta guru-guru-guru gugus tulip memiliki pengetahuan dan keterampilan di dalam penulisan penelitian Tindakan kelas.