Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pengenalan aspek bahasa (Bahasa Inggris) pada anak usia dini melalui nyanyian, mengingat pentingnya Bahasa Inggris di era globalisasi sekarang ini, maka penguasaan Bahasa Inggris merupakan suatu hal yang perlu yang harus diajarkan sejak dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama kegiatan pengenalan aspek bahasa (Bahasa Inggris) nyanyian menumbuhkan minat anak terhadap Bahasa Inggris, nyanyian dapat memotivasi anak, pembelajaran menjadi menyenangkan karena anak belajar sambil bernyanyi, anak memiliki penambahan kosakata baru di dalam Bahasa Inggris. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat baik kepada guru dan kepala sekolah di dalam pembelajaran bahasa inggris pada anak usia dini melalui nyanyian, dengan pemilihan lagu yang tepat dan melatih lagu bahasa inggris yang menyenangkan dan efektif.