Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kewenangan peran pustakawan ULM sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA
Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam belajar. Rancangan penelitian ini adalah metode campuran dengan prosedur Triangulasi. Desain: Validasi Model Data
Kuantitatif. Dalam model ini, peneliti akan mengumpulkan data kuantitatif dan data kualitatif, kemudian menganalisis masing-masing data tersebut. Tahapan
selanjutnya adalah melakukan analisis lebih lanjut dengan memvalidasi hasil analisis kuantitatif menggunakan hasil kualitatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa ULM. Sampel untuk melihat peran pustakawan dalam pembelajaran yaitu 500 siswa.Teknik data yang validasi instrumen oleh
validator, pengisian kuesioner, wawancara terbuka untuk memperdalam gambaran yang memiliki kewenangan peran pustakawan ULM sebagai TEMAN KARIB
(Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam belajar. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah sebagian besar siswa yaitu 40,466%
siswa setuju bahwa pustakawan dapat berperan sebagai TEMAN KARIB (Tempat Efektif Menemukan ANeKA Referensi, Ilmu, dan Buku) dalam pembelajaran.
27,84% siswa sangat setuju. Sedangkan sebagian kecil siswa masing-masing sebesar 7,11% dan 1,34% menyatakan tidak setuju dan tidak setuju dengan
pernyataan tersebut.
Keywords
Librarians, learning, effectiveness