Abstract:
Tujuan penelitian ini mengukur bagaimana tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pemanfaatn sarana prasarana kuliah
yang meliputi jenis layanan : (1) Perabotan, (2) Peralatan, dan (3) Media. Metode penelitian menggunakan deskriptif
kuantitatif, sampel penelitian diambil dengan teknik random sampling subjek penelitian terdiri 467 mahasiswa dari
angkatan 2016 dan 2018. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah memenuhi uji validitas dengan
niai KMO responsivness 0,721, assurance 0,694, tangibles 0,765, empathy 0,806 dan reliabillty 0,835. Kuesioner
dinyatakan reliabel dengan nilai responsivness 0,905, assurance 0,898, tangibles 0,903, empathy 0,938 dan reliabillty
0,941. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil uji hipotesisi menunjukkan
pada dimensi responsiveness tingkat kepuasan dipengaruhi oleh aspek perabotan, peralatan, dan media secara bersama
dengan Ry11.12.13 = 0,800 p<0,01, untuk dimensi assurancedengan Ry21.22.23 = 0,804 p<0,01, untuk dimensi tangibles
dengan Ry31.32.33 = 0,820 p<0,01, untuk dimensi empathy dengan Ry41.42.43 = 0,803 p<0,01 dan untuk dimensi
reliabillty dengan Ry51.52.53 = 0,747 p<0,01.