Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menemukan struktur cerpen yang dibaca siswa Kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan teknik tes mengarang. Sampel diambiI sebanyak tiga kelas dengan jumlah keseluruhan 87 siswa. Berdasarkan hasil analisis, kemampuan menemukan struktur cerpen VlII siswa Kelas VIII SMPN 26 Banjarmasin secara keseluruhan terrnasuk dalam kriteria sangat mampu. Hal tersebut disebabkan oleh persentase kemampuan siswa yang memiliki kemampuan maksimal mencapai 82 orang (95%) sangat mampu, sedangkan sisanya ada tiga orang (3%)
mampu, dan dua orang (2%) tidak mampu menemukan struktur cerpen. Begitu juga kriteria dan nilai yang diperoleh siswa Kelas VlII SMPN 26 Banjarmasin dalam menemukan struktur cerpen dalam segi aspek tema, karakter tokoh, alut/plot, dan latar/seting menunjukkan kriteria sangat mampu.
Berdasarkan hasil penelitian tentang kemampuan menemukan struktur cerpentersebut, disarankan: (a) bagi guru, sebaiknya dapat mempertahankan pembelajaran menemukan struktur cerpen yang sudah sangat bagus tersebut dan (b) bagi peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat lebih mengembangkan penelitian serupa dengan memperdalam bahasan
yang tidak dijelaskan secara rinci dalam penelitian ini.