Abstract:
anak berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif masih mengalami kesulitan dalam membina hubungan sosial dengan teman sebaya, kecenderungan sosial mereka masih terbatas pada teman sebaya yang juga mengalami kebutuhan khusus. Dnegan demikiantujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peratisipasi sosial mahasiswa tunarungu di universitas lambung mangkurat dengan tiga indikator yaitu: hubungansosial pertemanan mahasiswa tunarungu dneganteman sekelas, penerimaan teman sekelas terhadap mahasiswa tunarungu, dan persepsi mahasiswa tunarungu terhadap penerimaan teman sekelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survey, sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa berkebutuhan khusus tunarungu dan teman sekelas mereka. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan sosial / pertemanan antara mahasiswa berkebutuhan khusus tunarungu dengan teman sekelas mereka termasuk kategori cukup baik, Persepsi mahasiswa berkebutuhan khusus tunarungu terhadap penerimaan teman sekelas mereka termasuk kategori baik, dan penerimaan teman kelas terhadap mahasiswa berkebutuhan khusus tunarungu sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa partisipasi sosial mahasiswa tunarungu di universitas lambung mangkurat termasuk dalam kategori baik