Abstract:
Kepuasan kerja perawat di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru masih rendah.
Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah penjadwalan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penjadwalan layanan
keperawatan dengan kepuasan kerja perawat di Rumah. Metode penelitian
ini menggunakan non-eksperimen dengan pendekatan cross-sectional.
Subjek penelitian ini adalah 91 pelaksana perawat di instalasi layanan rawat
inap di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru, yang didapatkan melalui stratified
random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat hubungan
positif antara penjadwalan layanan keperawatan dengan kepuasan kerja
perawat di Rumah Sakit Idaman Banjarbaru (p-value = 0,008; r = 0,274).
Jadwal layanan keperawatan dapat memengaruhi kepuasan kerja perawat.
Nilai penjadwalan layanan keperawatan masih rendah, sedangkan kepuasan
kerja perawat tidak mencapai standar minimum. Penjadwalan layanan
keperawatan yang baik dapat meningkatkan kepuasan kerja perawat
Key words:
Penjadwalan perawat;
Perawat; Kepuasan perawat