Abstract:
Inovasi dalam dunia pendidikan dan pengintegrasian keterampilan abad 21 pada pengajaran fisika perlu terus dilakukan. Mengembangkan penalaran merupakan komponen yang tak terpisahkan dalam proses perkuliahan. Penalaran merupakan bagian dari kecakapan abad 21 yang direkomendasikan untuk dimiliki oleh mahasiswa. Penalaran sebagai salah satu fondasi kemampuan kognitif sangat penting dalam kesuksesan belajar dan berbagai hal dalam kehidupan nyata. Rendahnya kemampuan penalaran proporsional mahasiswa menyebabkan kendala dalam memahami materi fisika yang sifatnya abstrak. Teori kinetik gas merupakan salah satu topik dalam mata kuliah termodinamika yang sifatnya abstrak dan merupakan jembatan dalam memahami sifat mikroskopis dengan makroskopis dalam termodinamika. Olehnya itu, pembelajaran inovatif sangat diperlukan dalam terwujudnya pemahaman materi dan dapat melatihkan penalaran proporsional mahasiswa. Penelitian dilaksanakan dalam lima tahap memalui model penelitian Wademan dan McKenney untuk menghasilkan bahan ajar yang layak meliputi RPP, LKM, Materi Ajar, Tes Penalaran Proporsional (TPP). Uraian ini mengambarkan proses dan hasil validasi bahan ajar yang merupakan tahapan ketiga dari lima tahapan penelitian. Subjek Penelitian ini adalah bahan ajar topik teori kinetik gas mata kuliah termodinamika untuk melatihkan penalaran proporsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan untuk melatihkan penalaran proporsional pada topik teori kinetik gas yang meliputi RPP, LKM, Materi Ajar, dan TPP secara umum telah valid.