Abstract:
Bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran di sekolah dinilai masih belum layak. Untuk itu dilakukan pengembangan bahan ajar pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya dengan model pengajaran langsung. Tujuan khusus penelitian adalah untuk mendeskripsikan: (1) validitas bahan ajar yang dikembangkan, (2) kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dari keterlaksanaan RPP, dan (3) efektivitas bahan ajar yang dikembangkan ditinjau dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Dick and Carey. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII-F SMPN 13 Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, Iembar pengamatan keterlaksanaan RPP, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data menggunakan persentase, reliabi1itas, dan uji gain, Hasil penelitian rnenunjukkan, (1) bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid dengan revisi kecil, (2) kepraktisan bahan ajar adalah terlaksana dengan sangat baik, dan (3) efektivitas bahan ajar dinyatakan sedang/ cukup efektif. Simpulan penelitian adalab bahwa bahan ajar pada pokok bahasan kalor dan perpindahannya dengan model pengajaran langsung Iayak untuk digunakan.