Abstract:
Media Monopoly Games Berbasis Muatan Lokal dapat digunakan untuk memudahkan
siswa kelas IV dalam keterampilan berbicara. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh penggunaan media Monopoly Games Berbasis Muatan Lokal terhadap keterampilan
berbicara siswa kelas IV SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Jenis penelitian ini menggunakan
quasi experimental. Adapun penelitian ini menggunakan tiga kelas yaitu kelas IV SDN Pasar
Lama 3 Banjarmasin dengan pembagian kelas IVA sebagai kelas kontrol, kelas IVB sebagai
kelas eksperimen I dan kelas IVC sebagai kelas eksperimen II. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media Monopoli Games Berbasis
Muatan Lokal terhadap keterampilan berbicara dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05,
serta (2) besarnya perbedaan pengaruh penggunaan media Monopoli Games Berbasis Muatan
Lokal terhadap keterampilan berbicara dengan nilai gain score sebesar 6,242 pada kelas
eksperimen I dan 6,144 pada kelas eksperimen II.