Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar
keterampilan mahasiswa PGSD ULM dalam menulis dongeng anak berbasis sosiokultural
melalui strategi menulis terbimbing.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan bentuk kolaborasi.
Desain dalam penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari
tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitiann ini adalah
mahasiswa kelas E semester 3 yang berjumlah 51 orang. Obyek penelitian ini adalah
keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu teknik kuantitatif dan kualitatif yaitu dengan mencari nilai rata-rata
menulis dongeng anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi menulis terbimbing dapat meningkatkan
keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural mahasiswa PGSD ULM. Proses
peningkatan pebelajaran menulis dongeng anak berbasis sosiokultural dengan strategi
menulis terbimbing yaitu: 1) siswa mempelajari unsur-unsur dongeng anak, 2) siswa
mempelajari materi dongeng anak, 3) siswa memepelajari cara menyusun kerangka dongeng
anak berbasis sosiokultural melalui strategi menulis terbimbing, dan 4) siswa menulis
dongeng anak berbasis sosiokultural melalui strategi menulis terbimbing. Peningkatan
keterampilan menulis dongeng anak berbasis sosiokultural pada siklus I sebesar 23,4% dari
nilai rata-rata prasiklus 67,8 sebesar menjadi 72,6. Sedangkan, peningkatan keterampilan
menulis dongeng anak berbasis sosiokultural pada siklus II sebesar 27,5% dari nilai rata-rata
Siklus I 72,6 menjadi 87,4.