Abstract:
Pembelajaran fisika di dalam kelas masih bersifat konvensional dengan metode ceramah dimana siswa
cenderung hanya mencatat apa yang diajarkan oleh guru sehingga menyebabkan kurangnya aktivitas dan
pengalaman belajar peserta didik secara langsung. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk
menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis hands on activity yang valid, praktis, dan efektif untuk
melatihkan aktivitas peserta didik yang layak digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan
penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba dalam penelitian
ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Gambut yang berjumlah 24 orang. Pengumpulan data
penelitian dilaksanakan dengan teknik observasi dan tes. Data selanjutnya dianalisis secara kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa: 1) validitas LKPD berkategori sangat valid dengan validitas memperoleh rerata
skor 3,69; 2) kepraktisan LKPD berkategori sangat praktis dengan rerata keterlaksanaan LKPD pertemuan 1
sebesar 3,25; pertemuan 2 sebesar 3,39: pertemuan 3 sebesar 3,57; dan pertemuan 4 sebesar 3,75; (3)
efektivitas LKPD memenuhi kriteria efektif dengan N-gain 0,71 berkategori tinggi ; dan 4) LKPD berbasis hands
on activity dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada setiap pertemuan. Disimpulkan bahwa lembar kerja
peserta didik berbasis hands on activity untuk melatihkan aktivitas peserta didik layak untuk diimplementasikan
dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: aktivitas peserta didik, fluida statis, hands on activity, lembar kerja peserta didik.