Abstract:
Anak ADD (Attention Deficit Disorder) memiliki pemasalahan utama dalam kemampuan pemusatan perhatian. Kesulitan dalam pemusatan perhatian akan mempengaruhi kemampuan anak dalam menyelesaikan tugasnya. Latihan sensorimotorik merupakan alternatif untuk meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian anak ADD dengan mengoptimalkan proses biologis pada otot dalam mengolah berbagai informasi sensorik. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh latihan koordinasi sensomotorik dalam meningkatkan kemampuan pemusatan perhatian pada anak ADD di PAUD Daerah Bantaran Sungai Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan metode penelitian quasi eksperiment design time series, di mana diberikan tes awal (pretest) yaitu dilakukan sebanyak 4 (empat) kali sebelum diberikan treatment, selanjutnya diberikan treatment latihan koordinasi sensomotorik dan setelah itu dilakukan tes akhir (posttest) sebanyak 4 (empat) kali. Subyek penelitian ini sebanyak 8 (delapan) anak ADD. Tempat penelitian di PAUD Sabilal Muhtadin Kota Banjarmasin. Teknik pengumpulan data mengunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tes rangking bertanda wilcoxon dengan taraf signifikansi (α) 0,025 Z tabel 1,96. Hasil penelitian dilihat dari kemampuan pemusatan perhatian anak ADD dari hasil pretest dan postest, hasil perhitungan Z hitung sebesar 2,52, maka Z hitung > Z tabel, maka disimpulkan ada pengaruh latihan koordinasi sensomotorik terhadap peningkatan pemusatan perhatian pada anak Attention Deficit Disorder (ADD).