Abstract:
Abstrak.
Literasi TIK dalam kegiatan belajar mengajar biologi adalah pengenalan dan pemahaman terhadap TIK disertai dengan kemampuan dan kemauan untuk menggunakan dan memanfaatkan TIK dalam kegiatan belajar mengajar Biologi, terutama penggunaan piranti TIK, seperti pemanfaatan multimedia dan internet untuk menghasilkan sebuah pesan atau informasi.Model pembelajaran Biologi dengan memanfaatkan media dan sumber belajar berbasis TIK adalah mengkomunikasikan pembelajaran terhadap peserta didik secara aktif dan kreatif, kapan saja dan dimana saja untuk mempermudah komunikasi pembelajaran. Sehingga diharapkan peserta didik dapat mengakses pembelajaran dengan cepat dan tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru Biologi dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Tingkat Madrasah Aliyah se-Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data dengan menggunakan instrumen angket meliputi 4 aspek yakni: 1) akses terhadap TIK; 2) sikap; 3)keterampilan; dan 4)pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan 100% guru telah memiliki akses terhadap TIK; sikap terhadap penggunaan TIK dalam KBM Biologi (76,2%) dengan kategori baik; penguasaan perangkat lunak (aplikasi) dan perangkat keras (58,9%) dengan kategori kurang; dan kompetensi teknologi digital dan pengetahuan pedagogik (68,0%) dengan kategori cukup. Keempat parameter ini menunjukkan literasi TIK guru Biologi Madrasah Aliyah se-Kota Banjarmasin sudah masuk pada kategori cukup.