Abstract:
Abstrak. Macromedia flash dapat digunakan menjadi salah satu yang
dikembangkan. Jenis data kepraktisan adalah data kuantitatif berupa media
interaktif untuk pembelajaran. Bahan ajar yang disusun dapat diintegrasikan
ke dalam macromedia flash sehingga dapat dibentuk media yang dapat
meningkatkan aktivitas dan pemahaman peserta didik terkait materi yang
diajarkan. Media pembelajaran harus bisa dengan mudah digunakan oleh
peserta didik agar dalam proses pembelajaran peserta didik tidak kesulitan
sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kepraktisan media
pembelajaran yang telah dikembangkan. Jenis penelitian yang dilakukan
adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model evaluasi
formatif Tessmer (1993) yang berfokus terhadap praktikalitas produk. Pada
penelitian ini hanya dilakukan uji kelompok kecil dan uji lapangan saja untuk
mengetahui kepraktisan harapan dan kepraktisan aktual media pembelajaran
yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data kepraktisan harapan melalui
angket uji kepraktisan media pembelajaran oleh mahasiswa pada uji kelompok
kecil dan pengumpulan data kepraktisan aktual pada uji lapangan dengan
menggunakan angket respon mahasiswa. Data pada instrumen angket uji
kepraktisan yang telah diisi kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan
melakukan perhitungan skor total untuk seluruh indikator yang kemudian
dianalisis dengan rumus untuk mengetahui nilai kepraktisannya. Berdasarkan
hasil uji kepraktisan dapat diketahui bahwa media yang dikembangkan
termasuk dalam kategori sangat baik.