Abstract:
Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan proses pembelajaran masih terpusat pada guru dalam menggunakan pembelajaran satu arah, sehingga siswa cenderung kurang terlibat secara aktif dalam pembelajaran, cenderung kurang aktif dalam melaksanakan tugas yang diberikan, dan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan. Maka digunakan kombinasi model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Make a Match dengan menggunakan media Audiovisual. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Terdiri dari data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis dan data kualitatif yang diperoleh melalui lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar pada setiap pertemuan meningkat secara bertahap pada siklus I maupun siklus II. Dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran inkuiri terbimbing dan make a match dengan menggunakan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar.