Description:
Abstract : High quality CPR is administering CPR with the standarts
already specified by the American Heart Association (AHA) 2015 which
consists of 5 main components. Based on the data obtained, as many as 3
people nurses said forgot about the depth of CPR and 1 the same nurse
said forgot about the frequency of CPR. Nursing knowledge of high quality
CPR is essential, in order to improve the effectiveness of action
implementation. This study aims to determine of nurse’s knowledge about
high quality CPR at IGD RSUD ULIN Banjarmasin. This research is a
descriptive with cross-sectional method and sample of 34 people taken with
total sampling technique. Instrument used in the form of questionnaires
knowledge about the procedure of giving CPR and high quality CPR.
Nursing knowledge level about high quality of CPR is less 1 (2,9%), enough
6 (17,6%), and good 27 (79,4%). The nurse's knowledge of high quality CPR
is good, but it needs to be refreshed on CPR in order to improve the service
for the better.
Abstrak : High quality CPR adalah pemberian CPR sesuai standar dari
American Heart Association (AHA) 2015 yang terdiri dari 5 komponen
utama. Berdasarkan data yang didapatkan, sebanyak 3 orang perawat
mengatakan lupa tentang kedalaman CPR dan 1 perawat yang sama
mengatakan lupa tentang frekuensi CPR. Pengetahuan perawat mengenai
high quality CPR sangatlah diperlukan, agar dapat meningkatkan
keefektifan pelaksanaan tindakan. Tujuan penelitian untuk mengetahui
gambaran pengetahuan perawat tentang High Quality CPR di IGD RSUD
ULIN Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
metode cross-sectional dan sampel sebanyak 34 orang diambil dengan
teknik total sampling. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner
pengetahuan tentang tata cara pemberian CPR dan high quality CPR.
Tingkat pengetahuan perawat tentang high quality CPR adalah kurang 1
(2,9%), cukup 6 (17,6%), dan baik 27 (79,4%). Pengetahuan perawat
tentang high quality CPR adalah baik, akan tetapi perlu diadakan
penyegaran ulang mengenai CPR agar dapat meningkatkan pelayanan
menjadi lebih baik lagi